151-foto pawon1 copy lagi
BACK TO OUR HISTORY OF INDONESIA
BACK TO OUR HISTORY OF INDONESIA

01 JUNI 1945 LAHIRNYA PANCASILA

Berawal dari sejarah kekalahan Bagsa Jepang sebagai penguasa Asia Pasifik ( saat itu), dan tepat 1 Juni 1945, Ir. Soekarno menyampaikan Idenya atas Dasar 5 Ide Pokok landasan dalam sidang Dokuritsu Junbi Cosakai ( Badan Penyelidik Uaha Persiapan Kemerdekaan) atas dasar Negara Indonesia yaitu PANCASILA. Mengapa hal ini segera dirumuskan pada saat itu? Karena, hal terpenting dalam sejarah perjuangtan Bangsa Indonesia pada waktu itu adalah sebuah dasar atau prinsip dari suatu Bentuk Nagara, sehingga hal dasar yang menjadi pokokpenting dalam Persiapan Kemerdekaan Bangsa kita pada waktu itu.

Dalam sejarah perumusan Pancasila inipun, para pejuang kemerdekaan mengalami hal-hal yang rumit, karena dalam rapat perumusan ini juga di bentuk sebuah Panitia Persiapan Kemerdekaan, yang patinya masing-masing anggota dari panitia ini memiliki ide yang berbeda antara atu dengan lainnya.

Dalam rapat BPUPKI pada tanggal 1 juni 1945, Bung Karno menyatakan antara lain:

Saya mengakui, pada waktu saya berumur 16 tahun, duduk di bangku sekolah H.B.S. di Surabaya, saya dipengaruhi seorang sosialis yang bernama A. Baars, yang memberi pelajaran kepada saya, katanya : jangan berpaham kebangsaan, tetapi berpahamlah rasa kemanusiaan seluruh dunia, jangan mempunyai rasa kebangsaan sedikitpun. Itu terjadi pada tahun akan tetapi pada tahun 1918, alhamdulillah, ada orang lain yang memperingatkan saya, ia adalah Dr. Sun Yat Sen! Di dalam tulisannya San Min Cu I atau The THREE people s Principles, saya mendapatkan pelajaran yang membongkar kosmopolitanisme yang diajarkan oleh A. Baars itu.

Hal itu perlu dilakukan mengingat bahwa dalam membahas Pancasila, kita terikat pada rumusan Pancasila yang otentik dan pola hubungan silasilanya yang selalu merupakan satu kebulatan yang utuh. Sidang BPUPKI 29 Mei 1945 dan 1 Juni 1945 Dalam sidang BPUPKI tanggal 29 Mei 1945, Mr. Muhammad Yamin menyampaikan telaah pertama tentang dasar negara Indonesia merdeka sebagai berikut:

1) Peri Kebangsaan;

2) Peri Kemanusiaan;

3) Peri Ketuhanan;

4) Peri Kerakyatan; 5) 4 Kesejahteraan Rakyat. Ketika itu ia tidak memberikan nama terhadap lima (5) azas yang diusulkannya sebagai dasar negara.

Kemudian, Pada tanggal 1 Juni 1945, dalam sidang yang sama, Ir. Soekarno juga mengusulkan lima (5) dasar negara sebagai berikut:

1) Kebangsaan Indonesia;

2) Internasionalisme;

3) Mufakat atau Demokrasi;

4) Kesejahteraan Sosial;

5) Ketuhanan Yang Berkebudayaan.

Memberikan Giveaway untuk Kalian dalam Peringatan Hari Lahirnya Pancasila

Peringatan Hari Lahirnya Pancasila sangat identik dengan keseruan sebuah event seperti Diskon dan Promo yang lainnya. Nah, di moment yang sangat Istimewa bagi Bangsa Indonesia, PAWON BU RETNO memberikan Promo gede-gedean nih untuk semua jenis makanan. Lets Chek it out…and see Our Menues first…

BUY 2 GET 1 For All Items

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *