151-foto pawon1 copy lagi
Sejarah Olahan Ayam
Sejarah Olahan Ayam

Ada banyak olahan makanan, khususnya pada makanan yang berbahan dasar Ayam. Salah satu jenis Ayam yang sangat di gemari para pecinta kuliner adalah Ayam Kampung. Sejarah ayam Kampung sebenarnya dimulai dari generasi pertama ayam kampung, yaitu dari keturunan ayam hutan merah (Gallusgallus). Jenis ayam kampung sudah dikenal sejak zaman Kerajaan Kutai. Pada saat itu ayam kampung merupakan salah satu jenis persembahan untuk kerajaan sebagai upeti dari masyarakat setempat.

Dalam perkembangannya, Ayam Kampung menjadi mampu menjadi hidangan yang luar biasa di hadapan para tamu, namun seiring berjalannya waktu, populasi Ayam Kampung ini jumlahnya menjadi sangat tak layak. Dalam beberapa penelitian yang menyebutkan bahwa Ayam Kampung yang sudah sangat langka keberadaannya karena dijual dengan harga sangat mahal, sehingga banyak para penetas Ayam ini melakukan Studi pembibitan Ayam Kmapung tersebut untuk menjadi lebih banyak populasinya.

Salah satu cara yang paling efektif adalah dengan melakukan Perkawinan silang, yaitu Kegiatan yang bertujuan untuk memperbanyak populasi dengan cara genetikasehingga menghasilkan banyak keturunan sesuai dengan apa yang kita harapkan. Dalam ilmu peternakan, dikenal dua macam teknik persilangan, yaitu persilangan antar individu yang berkerabat (inbreeding) dan persilangan antar individu yang tidak berkerabat (outbreeding). Kalau inbreeding sih udah biasa ya, guys. Seringnya persilangan ini terjadi pada peternakan tradisional dan industri pembibitan.

Ayam Jawa Super atau Ayam Silangan yaitu Ayam hasil perkawinan silang antara Ayam Kampung dengan Ayam Layer Petelur Ras. Munculnya Ayam Jawa Super dilatar belakangi oleh tingginya permintaan konsumen untuk menyediakan menu ayam kampung dan minimnya ketersediaan di pasaran. Maka terciptalah inovasi kawin silang bernama Ayam Jawa Super yang performanya sangat mirip dengan ayam kampung ini.

Prospek ayam ini sangat cerah, hanya dengan proses budidaya dua bulan, bisa mencapai 1 kg. Persaingan relatif tidak ada, untuk saat ini, selain pelakunya masih sedikit, pasarnya masih berproses untuk terus melakukan pertumbuhannya.

Orang Jawa, yang terkenal dengan masakan jawa yang terbilang khas, memanfaatkan Ayam jenis Super ini untuk dapat diolah lebih populer di area perkotaan , yang di harapkan dapat memiliki rasa yang sama dengan Ayam Kampung asli. Olahan Ayam Super aka terasa lezat dimasak berbagai jenis masakan. Dalam hal ini, tangan, bumbu, resep dan keahlian utama dari seorang Cheff bagaimana mereka bisa membangkitkan gairah para penikmat sajian kuliner olahan Ayam tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *